Jumat, 27 April 2018

Hari Desain Grafik Sedunia (World Graphic Design Day)


Jurlan News, Jakarta-Mungkin Banyak dari kita yang belum tahu kalau hari ini diperingati Hari Desain Grafik Sedunia (World Graphic Design Day). World Graphics Day sendiri mulai diperingati sejak 1995.


Menurut Wikipedia, desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.


Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.


Dilansir pada laman Inspiratorfreak.com menyebutkan bahwa, Henry Cole menjadi salah seorang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.


Selain Henry Cole, tokoh desain grafis lainnya adalah Jan Tschichold. Tschichold merumuskan prinsip-prinsip dasar tipografi modern pada tahun 1928 dalam bukunya yang berjudul New Typography. Tschichold, Bauhaus,Herbert Bayer and Laszlo Moholy-Nagy, and El Lissitzky adalah tipografer yang berpengaruh besar dalam ilmu desain grafis yang kita kenal sekarang ini. Mereka mempelopori teknik produksi yang digunakan sepanjang abad ke 20. (RDP02)

0 komentar:

Posting Komentar

Menu :