Jumat, 12 Juni 2015

Sejarah Singkat SMK Negeri 9 Jakarta

Lokasi sekolah ini berada di Jalan Gedong Panjang II No. 17 (D/h Jl. Arabika) Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, dan berada di Kodya Jakarta Barat (Kode Pos 11240) , Telephone : 6925936 – 6905869.
Pada Tanggal 7 Maret 1997 SMEA 5 Jakarta berubah nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 9 Jakarta. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0036/O/1997.
Pada tanggal 15 Juli 1997, Karena Rehabilitasi total bangunan SMK Negeri 9 Jakarta, maka untuk sementara pindah ke SMK Negeri 11 (SMEA 7) dan pada tanggal 14 April 1998 karena bangunan tahap pertama sudah selesai maka SMK Negeri 9 Jakarta, kembali lagi ke lokasi semula yaitu di Gedong Panjang.
Pejabat Kepala Sekolah yang pernah memimpin SMK Negeri 9 Jakarta ;
1. Drs. Zubir Rauf (Alm ) 
2. E. Binsar Manalu 
3. P. M. Simbolon (Alm)          
4. Drs. M. Situmorang (Alm) 
5. Dra. Sudaryatun (Alm) 
6. J. Widodo (PLH)  
7. Drs. Timbul Lumbanbatu 
8. Drs. Tonggi Tarigan
9. Drs. Karli Wuri HP 
10. Drs. Hasan Basri 
11. Drs. Hasan Kuswana
12. Yulianto S.Pd  M.Si 

Sesuai dengan Keputusan Depdikbud maka SMK 9 Jakarta termasuk dalam kelompok Bisnis dan Manajemen, dengan ijin membuka Progam Studi :
  1. Akuntansi
  2. Kesekretarisan
  3. Manajemen Bisnis
Lama pendidikan di SMK 9 Jakarta adalah 3 tahun, terdiri dari 6 Semester



PROFIL SMK NEGERI 9 JAKARTA
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan Satuan Pendidikan Menengah, untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar guna mempersiapkan siswa memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0490/U/95.
Tujuan Pendidikan pada SMK adalah ;
1.     Memberikan layanan dengan prima baik yang berhubungan dengan pendidikan dan non pendidikan.
2.     Menghasilakn lulusan yang berprestasi, berkarakter, kebangsaan dan kewirausahaan, berbudaya lingkungan dan kompetitif dipasar nasional dan global.
3.     Menghasilkan lulusan yang tidak hanya pintar secara akademik tetapi mempunyai tanggung jawab dan kepedulian terhadap sesame dan lingkungan.
Berkaitan dengan perkembangan kebutuhan dunia usaha akan SDM lulusan SMK khususnya SMK 9 Jakarta , maka dilakukan pendekatan kebutuhan dunia kerja/industri, sehingga upaya yang dilakukan untuk memperoleh masukan dari dunia usaha tentang kemampuan(Kompetensi) yang diperlukan guna menunjang produktivitas dunia kerja dapat tercapai.
Hal tersebut berkaitan dengan tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan sebagai pendidikan pada jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan pekerjaan tertentu. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan bentuk satuan pendidikan di jalur pendidikan sekolah pada pendidikan menengah kejuruan.
SMK 9 Jakarta, melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar dengan "DUAL SYSTEM" yaitu kegiatan belajar dilaksanakan di dua tempat, yaitu Sekolah dan Perusahaan guna mengejar penyesuaian antara pelajaran yang di dapat disekolah dengan praktek yang sedang dipakai atau digunakan di perusahaan.
Dampak dari system ini adalah mendidik siswa untuk belajar aktif serta dapat mengatur jadwal belajarnya dengan efektif, karena tugas-tugas yang dimiliki siswa lebih banyak untuk di diskusikan dan dipraktekan dibandingkan sistem belajar yang kita kenal saat sebelumnya.

VISI dan MISI SMK Negeri 9 Jakarta
VISI SMK
Pelayanan prima, unggul berprestasi, peduli terhadap sesama.
Misi SMK :
1.      Melayani dengan prima berkaitan dengan kurikuler dan ekstra kurikuler.
2.   Membangun dan meberdayakan SMKN 9 sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki jati diri bangsa dan keunggulan kompetitif di pasar nasional dan global.
3.      Meningkatkan mutu peyelenggaraan pendidikan (8 SNP).
4.      Memberikan keteladanan.
5.      Melayani dengan hati.
6.      Peduli terhadap sesame dan lingkungan.
7.      Membangun kerjasama yang harmonis antara civitas SMKN 9 Jakarta dengan orang tua siswa/wali murid, komite sekolah, dunia industry, masyarakat, pemerin tah daerah, pemerintah pusat dan bagian yang terkait.
Target Lulusan SMK Negeri 9 Jakarta memiliki kompetensi sesuai jurusannya:

  1. Program Studi Akuntansi :
01. Akuntansi : Dasar I, Dasar II dan Trampil
02. Bhs. Inggris : Dasar I, Dasar II dan Trampil
03. Kesekretarisan : Dasar I
04.Komputer:Excell,Word,Dbase, Komputer Akuntansi

  1. Program Studi Kesekretarisan :
01. Akuntansi : Dasar I
02. Bhs. Inggris : Dasar I, Dasar II dan Trampil
03. Kesekretarisan : Dasar I, Dasar II dan Trampil
04.Komputer:Excell,Word,Dbase, Komputer Akuntansi

3. Program Studi Manajemen Bisnis:

01. Akuntansi : Dasar I, Dasar II
02. Bhs. Inggris : Dasar I, Dasar II dan Trampil
03. Kesekretarisan : Dasar I
04. Komputer : Excell, Word, Komputer Akuntansi


Sekian sejarah singkat mengenai SMK Negeri 9 Jakarta. (FU)

0 komentar:

Posting Komentar

Menu :