Minggu, 11 Oktober 2015

Pancasila Menurut Guru Olahraga

           


          JURNALIS9_JKT-- Tanggal 1 Oktober , diperingati dengan hari kesaktian Pancasila, atau lahirnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideology bangsa Indonesia. Hari Kesaktiaan Pancasila diperingati dangan penaikan bendera merah putih, dan Pasukan Pengibar Bendera berperan sebagai petugas upacara Kamis pagi lalu. (01/10/15)


          Kepala Bagian Kesiswaan Yayan Sudarman (pengajar olahraga) atau yang akrab dipanggil pak Yayan, menyampaikan amanat dari Mentri Pendidikan Dasar & Menengah dan Kebudayaan, Anies Baswedan. Pak Yayan yang ditemui disela istirahat kedua Kamis(01/10/2015). Menurutnya nilai Pancasila adalah Ideologi bangsa Indonesia yang berawal dari gerakan G30SPKI, yang terdapat pembantaian besar-besaran dan terjadinya kudeta maka lahirlah Pancasila.

          Nilai Panasila juga mengandung nilai moral yang dibutuhan masyarakat , disila kedua juga ia mengatakan ada nilai kemanusiaan yang harus menjadi dasar dimasyarakat , pada sila ketiga Keadilan yang harus dimiliki masyarakat di mata Pemerintah, masyarakat tidak boleh terpecah belah dan demokrasi uga arus didasarkan dengan musyawarah.

          Ia juga mengatakan semua elemen warga negara baik itu rakyat dan pemerintah juga harus melaksanakan nilai Pancasila sebagai dasar negara. Ia mengharapkan Pancasila yang merupakan Ideologi bangsa tidak terlupakan di era apapun apalagi kita yang beraneka ragam, satu untuk semua bukan semua untuk satu. (MD)

0 komentar:

Posting Komentar

Menu :